Ini Dia Fungsi Lubang Hidung Manusia Untuk Kesehatan

Ini Dia Fungsi Lubang Hidung Manusia Untuk Kesehatan
MENGAPA LUBANG HIDUNG ADA DUA...? Pernahkah muncul pertanyaan seperti itu di benak kalian? Kalau pernah, mungkin sedikit tulisan ini bisa sedikit menjawab pertanyaan kalain selama ini. Selama ini yang kita tahu, fungsi lubang hidung adalah untuk bernafas. Dimana proses sirkulasi udara dari dari luar masuk ke dalam tubuh dan sebaliknnya. Selain itu hidung juga berfungsi sebagai indera penciuman. Aneka bau mulai dari bau yang harum ataupun bau yang tidak sedap dapat tercium oleh hidung kita. Namun ternyata selain berfungsi untuk sirkulasi udara dan indera penciuman, hidung terutama lubang hidung mempunyai manfaat yang besar untuk kesehatan. Lubang hidung manusia ini ternyata mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Serti apa fungsi masing-masing lubang hidung manusia? Ini dia :

Perbedaan Lubang Hidung Sebelah Kanan dan Sebelah Kiri

Kita mempunyai dua buah lubang hidung, yaitu lubang hidung sebelah kiri dan lubang hidung sebelah kanan. Sama hal nya dengan anggota tubuh kita yang lain seperti tangan dan dan kaki yang diciptakan sepasang pada bagian kiri dan kanan dengan mempunyai fungsi yang berbeda-beda pula. Begitu juga dengan kedua lubang hidung kita baik yang sebelah kiri dan sebelah kanan, apakah funsinya sama? Ternyata tidak fungsi lubang hidung sebelah kiri dan sebelah kanan ada perbedaan. Untuk perbedaan dan manfaatnya sendiri sebenarnya dapat kita rasakan secara jelas. Pada lubang hidung kanan mewakili "matahari" (mengeluarkan panas) dan yang kiri mewakili "bulan" (mengeluarkan dingin). Untuk lebih jelasnya silahkan dipraktekkan sendiri pada hidung kita. Cobalah menutup lubang hidung sebelah kiri, dan bernafaslah dengan lubang hidung sebelah kanan. Apa yang kalian rasakan? Apakah udara yang masuk ke hidung terasa hangat? Sekarang kita lakukan sebaliknya, tutuplah lubang hidung sebelah kanan dan mulai bernafaslah dengan lubang hidung sebelah kiri, apa sekarang yang kalian rasakan? Benar, udara yang masuk melalui lubang hidung akan terasa lebih dingin. Dan dengan perbedaan yang kita rasakan tadi, sudah dapat kita ketahui bahwa lubang hidung sebelah kira dan lubang hidung sebelah kanan mempunyai fungsi dan manfaat yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, silahkan dilanjutkan membaca tulisan di bawah ini.

Manfaat dan Fungsi Lubang Hidung Sebelah Kanan

Pada bahasan di atas tadi sudah kita bahas dan kita praktekkan langsung apa yang kita rasakan udara yang masuk pada lubang sebelah kiri dan kanan. Ada yang terasa panas dan ada yang terasa dingin. Di lubang hidung sebelah kanan, tadi kita dapat rasakan kalau udara yang masuk melalui hidung akan terasa lebih hangat dibandingkan lubang hidung sebelah kiri. Dengan masuknya udara yang hangat yang masuk ke dalam tubuh tersebut ada manfaat kesehatan yang dapat dirasakan oleh tubuh kita. Sama seperti hal nya jika kita pulang beraktifitas dalam keadaan lelah dan capek, kemudian kita mandi atau berendam dengan air hangat. Apa yang terjadi atau kita rasakan? Benar, badan akan terasa lebih rileks dan ketegangan otot akan semakin mengendu, sehingga rasa capeknya secara berangsur-angsur hilang. Seperti itulah fungsi dan manfaat lubang hidung sebelah kanan kita. Jika tubuh kita merasakan lelah dan capek, tutuplah lubang hidung sebelah kiri kita, dan mulailah bernafas dengan lubang hidung sebelah kanan kita. selama sekitar 5 menit. Maka akan dapat kita rasakan udara yang hangat akan masuk melalui lubang hidung sebelah kanan kita, dan efek yang dapat kita rasakan, tidak lama kemudian badan kita akan terasa segar kembali. Begitupun pada waktu bangun tidur, jika bangun tidur badan masih terasa capek, tutuplah lubang hidung sebelah kiri dan bernafaslah dengan lubang hidung sebelah kanan. Niscaya badan kita akan terasa segar kembali.

Manfaat dan Fungsi Lubang Hidung Sebelah Kiri

 Jika tadi kita sudah paham dan mengerti manfaat lubang hidung sebelah kanan kita, maka sekarang kita cari tahu apa manfaat lubang hidung sebelah kiri bagi tubuh kita. Pada saat kita praktek menutup lubang hidung sebelah kanan dan bernafas dengan lubang hidung sebelah kiri tadi, udara yang masuk melalui lubang hidung terasa lebih dingin. Udara ini dapat kita manfaatkan untuk mengobati sakit kepala. Caranya adalah, jika kita merasakan pusing, migren, atau sakit kepala karena sakit atau stress, tutuplah lubang hidung sebelah kanan kita dan mulailah bernafas hanya menggunakan lubang hidung sebelah kiri saja. Lakukan hal ini selama kurang lebih 5 menit dan rutin selama 1 bulan, lalu rasakan perbedaannya pada kepala kita. Selain untuk mengurangi rasa sakit pada kepala teknik bernafas dengan lubang hidung sebelah kiri bsa kita lakukan pada saat kita sedang marah. Dengan masukknya udara dingin ke dalam tubuh kita, akan dapat meredakan amarah kita. 
Bagaimana, sudah tahukan sekarang fungsi dan manfaat masing-masing lubang hidung kita? Sedikit tambahannya, Laki-laki cenderung bernafas dengan lubang hidung sebelah kanan, sehingga lebih mudah marah atau emosi. Sedangkan Perempuan lebih banyak bernafas menggunakan lubang hidung sebelah kiri. Demikian sedikit tulisan saya tentang Fungsi dan Manfaat Lubang hidung manusia. Sungguh luar biasa ciptaan ALLAH. Semoga bermanfaat. 
Silakan di-share Untuk Teman, Sahabat, Keluarga, dll. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Newest
Previous
Next Post »