Inilah 3 Manfaat Penting Permainan Bola Basket

Permainan bola basket merupakan olahraga yang sangat digemari di seluruh dunia, selain itu bisa dimainkan oleh segala usia. Memang jika dibandingkan dengan permainan sepakbola, salah satu jenis olahraga ini cukup menguras tenaga. Karena selama 60 menit permainan, tenaga para pemain harus terus diforsir rasanya tidak ada jeda untuk beristirahat. Dalam permainan ini memang satu sama lain kubu harus berlomba-lomba untuk mencetak poin dengan  waktu yang terbatas, sehingga dapat dipastikan jika permainan ini cukup menguras tenaga.

Inilah 3 Manfaat Penting Permainan Bola Basket

Namun meski begitu, anda perlu tahu bahwasannya permainan seperti ini sangat cocok bagi anda yang gemar berolahraga. Apalagi manfaat yang diberikan dari permainan bola basket ini sangatlah banyak, baik itu untuk kesehatan ataupun kebugaran tubuh. Ada pun beberapa manfaat yang bisa didapat yaitu seperti;

Membakar lemak. Rasanya setiap olahraga yang dilakukan sudah menjadi hal yang wajar jika memberikan efek pembakaran pada lemak. Terang saja setiap aktivitas tersebut akan mengeluarkan keringat yang mana itu pertanda dari pembakaran lemak yang sedang berproses. Begitupun olahraga basket, selama 60 menit para pemain diharuskan untuk terus bergerak seperti berlari, drabbling, meloncat, rebound, mengoper dan lain sebagainya. Aktivitas yang dilakukan selama 60 menit ini bisa membakar lemak sekitar 630-750 kalori.

Menguji fokus dan mental. Ketika pertandingan sedang berlangsung kita harus cepat mengambil keputusan. Untuk itu fokus dan mental memang dibutuhkan dalam hal ini, dimana kita harus memperkirakan lawan dan kawan, membuat strategi defen atau ketika akan attak, serta menembak bola di bawah tekanan lawan. Semua itu membutuhkan konsentrasi yang fokus serta mental yang kuat agar tetap tenang.

Membentuk otot. Menurut pendapat yang ahlidibidangnya, bahwasannya olahraga basket lebih efektif dilakuakn untuk membentuk otot daripada sekedar nge-gym. Alasannya karena ketika kita hendak mengencangkan dan membentuk otot lengan, dada , perut dan paha maka kegiatan seperti dribbling, mengoper, serte menembak sama halnya seperti mengangkat beban. Begitupun ketika kita berlari dan meloncar, maka bisa melatih otot betis dan paha menjadi lebih kencang. Untuk lebih memaksimalkan pembentukan otot tersebut, maka kita bisa mengkonsumsi minuman yang mengandung banyak nutrisi dan protein di dalamnya.

Itulah manfaat penting yang bisa didapat dari olahraga basket ini. Sebaiknya buatlah jadwal  agar anda rutin melakukannya agar manfaat yang didapat bisa lebih baik dirasakan. Menjaga kesehatan dan kebugaran bisa dilakukan dengan aktivitas apapun begitupun dengan permainan basket ini.
Previous
Next Post »